Monday, June 8, 2009

Deklarasi InDEC

DEKLARASI
KOMUNITAS EVALUASI PEMBANGUNAN INDONESIA
Indonesia Development Evaluation Community (InDEC)


KAMI, sebagai warga negara yang adalah bagian dari para pemangku kepentingan dalam segala proses pembangunan di segala sektor di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini;

BERKUMPUL di sini, di Jakarta, pada tanggal 4 Juni 2009;

MEMAHAMI bahwa Konstitusi Republik Indonesia telah mengarahkan segala upaya pembangunan di segala sektor dengan mensyaratkan adanya partisipasi dan keterlibatan setiap warga negara dalam keseluruhan proses pembangunan negeri ini.

MENGINGAT pula bahwa tantangan yang dihadapi negara ini dalam upaya mencapai target-target pembangunan yang direncanakan adalah tidak serta merta terletak pada keterbatasan sumber daya, tapi lebih kepada penggunaan sumber daya yang masih belum optimal memberikan hasil keluaran pembangunan yang diinginkan.

MENYADARI pentingnya keterpaduan dalam keseluruhan proses pembangunan yang menjamin konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan, serta mendorong efektifitas dan akuntabilitas, melalui disiplin kerja yang serius dan ketat terhadap kegiatan Pemantauan dan Evaluasi (MONEV atau Monitoring and Evaluation), serta menyadari tantangan dan permasalahan yang berkembang dalam upaya memperbaiki kualitas kerja dalam bidang Pemantauan dan Evaluasi di segala tingkatan di negara ini.

MEYAKINI bahwa sebuah wadah diperlukan sebagai ruang publik yang bebas (free public sphere), bagi pertukaran seluruh wacana (diskursus) dan praksis kinerja pembangunan di segala sektor, serta membangun kompetensi keprofesian dalam wilayah kedisiplinan Pemantauan dan Evaluasi, guna berkontribusi kepada perbaikan sistem pengelolaan kinerja pembangunan negeri ini.

BERKEINGINAN MENGUNDANG semua pihak dari berbagai unsur (praktisi, pengamat, akademisi, pegiat birokrasi) yang mempunyai visi yang sama untuk berkomitmen bersama-sama memberikan kontribusi nyata menuju praksis Pemantauan dan Evaluasi pembangunan yang mampu mendorong hasil pembangunan yang lebih mantap, melalui wadah keprofesian bernama InDEC ini.

Untuk mewujudkan visi tersebut, kami yang tergabung dalam InDEC, menawarkan komitmen kami untuk bersama-sama mengembangkan wadah InDEC ini dan berupaya mewujudkan visi serta melaksanakan strateginya sebagai berikut :

1. Menjadikan InDEC sebagai wadah keprofesian di bidang Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan yang memberikan manfaat tidak hanya kepada anggota perseorangan, tapi juga kontribusi kepada masyarakat luas dengan upaya mengarusutamakan Pemantauan dan Evaluasi untuk mendorong akuntabilitas dan fungsi pengawasan secara lebih efektif oleh semua pemangku kepentingan pembangunan.

2. Mempersiapkan keorganisasian dan pengelolaan InDEC, serta pengembangan program-program kegiatan yang dapat segera dilaksanakan bersama para anggotanya, seperti misalnya diskusi-diskusi formal maupun informal secara berkelanjutan, publikasi-publikasi, kajian-kajian kebijakan, pelatihan-pelatihan pengembangan profesi dan lain-lain.

Demikian, deklarasi ini ditetapkan pada tanggal Empat, bulan Juni, tahun Dua Ribu Sembilan, di Jakarta, Indonesia, untuk menjadi acuan bagi pihak yang berkepentingan.

No comments:

Post a Comment

Comment with CyberEthic